Total Tayangan Halaman

Minggu, 26 Desember 2010

Efek Interaksi Bahan Kimia Bagi Kesehatan

           Pencemaran yang terjadi di tanah, air, dan udara selalu menimbulkan efek negatif bagi manusia, khususnya kesehatan. Efek yang timbul di akibatkan karena adanya interaksi antara bahan kimia yang satu dengan bahan kimia yang lain. Interaksi bahan kimia dapat terjadi melalui sejumlah mekanisme seperti perubahan dalam absorpsi, pengikatan protein, dan biotransformasi atau ekskresi dari satu atau dua zat toksik yang berinteraksi. Terdapat empat efek interaksi bahan kimia antara lain :
1. Efek aditif
Efek aditif adalah suatu situasi dimana efek gabungan dari dua bahan kima sama dengan jumlah dari efek masing-masing bahan bila diberikan sendiri-sendiri.
Permisalan , 2+3=5
Contoh :
Bila dua insektisida organofosfat diberikan secara bersama, hambatan terhadap Cholinesterase biasanya aditif.
2. Efek sinergistik
Efek sinergistik adalah situasi dimana efek gabungan dari dua bahan kimia jauh melampaui penjumlahan dari tiap-tipa bahan kimia bila diberikan secara sendiri-sendiri.
Permisalan, 2+3=20
Contoh :
CCl4 (Karbon tetrakorida)dan C2H5OH (etanol) yang keduanya adalah senyawa hepatotoksik bila secara bersamaan diberikan akan menghasilkan kerusakan hati yang jauh lebih berat daripada jumlah masing-masing efek secara individual.
3. Potensiasi
Potensiasi adalah keadaan dimana suatu senyawa kimia tidak mempunyai efek toksik terhadap system atau organ tertentu, tapi bila ditambahkan ke dalam bahan kima lain akan membuat bahan tersebut menjadi jauh lebih toksik.
Permisalan, 0+2=10
Contoh: Iso propanoltidak bersifat hepatotoksik tetapi bila zat tersebut diberikan di samping pemberian CCl4, efek hepatotoksik dari CCl4 akan menjadi jauh lebih besar dibandingkan bila diberikan secara sendiri.
4. Antagonistis
Antagonistis adalah situasi dimana dua bahan kimia bila diberikan secara bersamaan efeknya saling mempengarhi dalam arti saling meniadakan efek toksik.
Permisalan, 4+6=8

Sumber : Buku Kimia Lingkungan karangan Dr. Rukesih A., M.Si.

Emiliana P (08303244028)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar