Total Tayangan Halaman

Minggu, 02 Januari 2011

Pengolahan Air

           Air merupakan kebutuhan primer kehidupan kita. Penggunaan air dalam kehidupan sehari-hari sangat ditentukan oleh kualitasnya. Air untuk minum harus memenuhi syarat bersih, jernih, tidak bersedimen, tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa, tidak mengandung bakteri, virus, dan bahan-bahan kimia lainnya serta mengandung sejumlah minimal mineral dan garam-garam, sedangkan untuk pertanian dan industri air harus bebas dari garam-garam kimia beracun. Pencemaran air yang terjadi memaksa kita untuk mampu mengolahnya. Terdapat tiga proes pengolahan air berdasarkan pada penggunaan air dan kualitas air dari sumbernya yaitu pengolahan primer, sekunder, dan tersier.
1. Pengolahan primer
Pengolahan primer berdasarkan pada penghilangan bahan padat dalam air. Proses ini meliputi penghilangan lumpur, penggumpalan, dan sedimentasi. Bahan padat pada air adalah zat padat tersusupensi yang tenggelam karena tidak adanya gerakan yang mengganggu. Jika di dalam air tersebut ditambahkan alumunium sulfat akan mempercepat proses pembentukan flocdengan padatan yang akan mudah mengendap. Sedangkan penambahan kalsium hidroksida akan menurunkan kesadahan dengan menghilangkan kalsium bikarbonat dan semua ion magnesium.
2. Pengolahan sekunder
Pengolahan sekunder merupakan lanjutan dari pengolahan primer yang memiliki dua prinsip utama yaitu proses penyaringan aliran dan proses lumpur teraktifasi. Proses dengan menggunakan lumpur teraktifasi lebih efisien dan mudah digunakan. Proses ini memanfaatkan bakteri dalam jumlah banyak untuk menguraikan limbah organic dengan bantuan udara.
3. Pengolahan tersier
Pengolahan tersier dilakukan untuk air yang berasal dari limbah industri. Pengolahan ini bertujuan untuk menghilangkan logam, virus, nutrisi, dan bahan kimia beracun. Dalam proses pengolahannya diperlukan biaya yang cukup mahal karena memerlukan alat dan bahan yang tidak murah.

Sumber :

Buku Kimia Lingkungan “Lestarikan Udara, Air, dan Tanah Kita karangan AK Prodjosantoso


Emiliana P. (08303244028)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar