Total Tayangan Halaman

Minggu, 02 Januari 2011

Penjernihan Air

            Penjernihan air adalah salah satu tahap dari pengolahan air yang bertujuan agar air tidak tampak keruh. Ada beberapa tahap yang harus dilakukan untuk melakukan penjernihan.

Tahap I (Penyaringan)
           Penambahan tembaga sulfat pada air limbah yang berfungsi untuk mengontrol pertumbuhan alga yang dapat mengotori air bersih. Setelah itu dilakukan penyaringan untuk menghilangkan materi berukuran besar yang terapung.

Tahap II (Pencampuran)
           Pada tahap ini air yang telah terbebas dari materi besar terapung ditambah alumunium sulfat dan bahan kimia polielektrolit untuk membentuk floc.

Tahap III (Flocculation)
            Penambahan besi(III) klorida yang berfungsi sebagai flocculant. Bila pH air rendah perlu ditambahkan CaO.

Tahap IV (Sedimentasi)
           Alumunium sulfat yang ditambahkan pada tahap IIakan membentuk endapan gelatin yang dapat mengabsorbsi kotoran, beberapa bakteri, dan koloid yang lain. Endapan koagulat akan mengendap pada bejana sedimentasi.

Tahap V (Filtrasi)
            Hasil pada tahap IV disaring untuk menghilangkan padatan tersuspensi. Penyaringan dilakukan dengan melewatkan air ke lapisan kerikil, pasir, batu, yang telah disusun berdasarkan besarnya partikel dan antrasit diletakkan di bagian atas.

Tahap VI (Klorinasi)
            Klorinasi dilakukan untuk mematikan bakteri yang ada dalam air. Klorinasi dilakukan dengan cara menambahkan klorin sebanyak 1-1,5 ppm.Air bersih yang dihasilkan dari seluruh tahapan mengandung klorin sebanyak 0,2-0,9 ppm.

Sumber : Buku Kimia Lingkungan "Lestarikan Udara, Air, dan Tanah Kita karangan A.K. Prodjosantoso

Emiliana P.(08303244028)

1 komentar:

  1. Menjual berbagai macam jenis Chemical untuk Boiler cooling tower chiller dan waste water treatment untuk info lebih lanjut tentang produk ini bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com
    WA:0813-1084-9918
    Terima kasih

    BalasHapus